Senin, 11 Juni 2012

Soccer Cake - Eka

Orderan kali ini bener2 pake ilmu kepepet, order dari temen sekantor buat keponakannya yg kepingin Birthday Cake tema Real Madrid. Pada awalnya eka sempet nge hubungin suhu perbakulan NCC, aku juga semangatin dia kalo dia sudah menghubungin orang yang tepat, tapiii sayangnya beliau full booked. dan tiba2 keluar kata itu 'gimana kalo lo aja yg bikinin mba?' agak sempet mau semaput secara belum pernah bikin cake yang bertema apalagi dengan ukuran 20 x 30 cm. Ditolak abis2an tapi dia malah maksa sambil meyakinkan kalo aku pasti bisa wong dekornya cuma dikit, trus katanya 'kan lo bisa bikin black forest pasti bisa lah bikin ginian tinggal bikin kue trus dicover pake cream'... haiyaaah...akhirnya aku terima dengan ucapan insyaallah, padahal udah keringet dingin :D 
Punya waktu 2 minggu sampe hari H, langsung atur strategi dan browsing2 resep Butter Cream *maklum bakul amatiran*  dan ternyataaa gak punya spuit buat bikin rumput. Lempar pertanyaan di milis alhamdulillah banyak yg bantuin trik2 bikin rumput dan juga info tbk yg available, dan akhirnya dapat lah via online dari tuban :)
Start bikin sponge cake sabtu jam 9 an karena punya 1 loyang 20 x 20 cm jadi aku bikin 2 batch trus disambung yg 1 dipotong setengah sampe ketemu ukuran 20 x 30 cm di belah horizontal, lalu di ciprati air selai blueberry di filling sama BC rasa mocca dan di cover sama BC juga, dicovernya pun gak rapih poles sana poles lagi sini dan juga bikin BC nya sampe beberapa kali karena blom punya gambaran BC yang dibutuhkan sampe akhirnya liat jam udah jam 10 malem. paniiiik banget...langsung bikin aksen rumputnya, masalah selanjutnya spuitnya macet akhirnya pake tips yg dikasih dimilis yaitu pake plasik segitiga yg ditusuk2 pake tusuk gigi...hasilnya rumputnya panjang2 dan gede2 gak seragam ya udah ditutupin pake toppernya aja :D

 






Sisi2 nya aku kasih edible image tapi masih kurang rame hiks...

minggu pagi di delivered, janjian di cibubur junction yang langsung sama eka di bawa ke tempat acaranya di lapangan futsal, sebelumnya aku foto trus kirim BBM aku dah wanti2 mohon maaf kalo mengecewakan, trus katanya bagus kok dan fotonya di forward ke ayahnya si anak dan langsung dijadiin pp bbm nya. alhamdulillah agak lega dikit pas ketemu eka wanti2 mohon maaf lagi kalo rasanya gak enak eh... setelah itu di bbm katanya kue nya enak, agak gak percaya trus dia kirim foto kalo kue nya tinggal dikit..alhamdulillah lagi rasa nya pengen nangis bahagia *lebaaaay...*

Resep BC nya aku pake Resep Ani Lizzarni yang aku dapet dari dapur solia , aku copas kan ya

(1) Resep Buttercream ala Ani Lizzarni

Bahan:

250gr Mentega putih tawar
Catatan: kalo mau lebih enak ganti ½ mentega putih australi dengan Hollman Softcream
125ml susu kental manis
3sdm air garam
catatan: didapat dari 1 sdt yang dilarutkan di 1 cangkir air, aduk rata, lalu ambil 3 sdm
100gr gula pasir direbus dengan air garam
1sdm pasta vanili (Red Bell) --> aku gak pake

Cara membuat:
- Gula dicampur air garam, dimasak diatas api kecil hingga gula benar2 larut. Selagi panas segera campurkan dengan susu, jangan tunggu dingin. Kalo tunggu dingin gula akan menggumpal lagi.
- Setelah gula dan susu tercampur rata, boleh ditunggu dingin dulu baru masukkan mentega putihnya dan kocok sampe mengembang.
- Kalo mau ditambahkan Hollman softcream, kocok dulu campuran diatas, setelah tercampur baru holman dimasukkan terakhir.
 


Alhamdulillah banyak dapat ilmu dan pengalaman baru dari orderan kali ini. thanx eka for trusted me  ^_*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar